Rainbow Pinwheel Pointer

Tuesday, October 10, 2017

Cara mendaftarkan Blog ke Search Engine Google/Google WebMaster

  Blog inspiratiff       Tuesday, October 10, 2017

Cara mendaftarkan blog ke Search Engine Google


Cara Optimasi SEO part01



Cara mendaftarkan Blog ke Mesin Penelusuran atau yang biasa disebut Google Search. Bagi seorang yang pemula dalam dunia blog atau web, mungkin istilah ini agak sedikit asing ditelinga mereka, namun berbeda halnya bagi para blogger atau web master yang sudah lama berkecimpung atau terjun dalam dunia blogging atau web. Sedikit penjelasan dari saya, apa sih itu Google Search/Mesin Penelusuran ?"


Google search adalah salah satu mesin penelusuran untuk mempermudah dan mempercepat terindexnya blog atau postingan-postingan dalam sebuah blog atau web. Sebenarnya selain Google Search, kita juga mengenal mesin penelusuran lain yakni Bing dan Yahoo. Mungkin dahulu, lebih tepatnya 10 atau 15 tahun yang lalu, kebanyakan dari kita lebih sering melakukan pencarian informasi melalui Yahoo, karena memang pada saat itu kita belum mengenal mesin penelusuran lain selain Yahoo. Yah, namanya juga dunia. Adakalanya yang diatas harus merasakan dibawah juga. Mungkin Regenerasi kali sob. hehehe...

Memang Mesin Penelusuran Google saat ini menjadi mesin penelusuran terbesar dan yang paling banyak digunakan oleh milyaran penduduk di dunia, kemudian di susul oleh Bing dan Yahoo. Dahulu pertama kali saya membuat Blog, memang karena hanya tujuan untuk main-main atau iseng-iseng semata, postingan yang saya buat di blog milik saya yang isi postingannya jauh dari kata berkualitas, entah kenapa lebih cepat terindex di mesin penelusuran google. Mungkin karena pada saat itu belum begitu banyak orang yang mempunyai blog atau web. Disisi lain, metode perayapan yang digunakan mesin Penelusuran Google juga dahulu lebih mudah, tidak serumit sekarang yang menggunkan Metode Hummingbird. Tapi cara atau metode yang akan saya bagikan ini, memang cara yang sama dengan cara yang saya gunakan pada beberapa tahun yang lalu agar blog atau postingan dalam blog kita lebih cepat terindex pada mesin penelusuran salah satunya Search Engine Google (Mesin Penelusuran Google), karena cara ini saya rasa masih cukup efektif dan salah satu cara terampuh agar blog kita cepat terindex di Mesin Penelusuran bahkan mungkin akan tampil pada halaman pertama Google.


Tanpa basa-basi lagi mari kita langsung praktekkan caranya :

1. Silakan anda buka atau klik link Google Webmaster Tools

2. Pada halaman Search Console, silahkan masukkan alamat URL blog anda, klik pernyataan "Saya bukan robot" lalu jika sudah, klik button Kirim Permintaan ( perhatikan gambar berikut )

Cara Optimasi SEO part02


3. Pada Tampilan Utama Webmaster, silahkan anda klik button "Tambahkan Properti".



4. Kemudian pada tampilan berikutnya, silahkan anda masukkan URL blog yang akan anda daftarkan, lalu klik button "Tambah"

Cara Optimasi SEO part03



5. Sekarang kembali pada Halaman Utama Webmaster Tools tadi, dengan cara klik Teks "Search Console" yang berada dipojok kiri atas (perhatikan gambar berikut)

Cara Optimasi SEO part04


6. Kemudian klik "Kelola Properti" pada properti yang tadi sudah anda tambahkan, lalu klik "Tambhakan atau hapus pengguna" Lihat gambar berikut

Cara Optimasi SEO part05


7. Klik "Kelola pemilik properti"

Cara Optimasi SEO part06


8. Lalu klik "Verifikasikan dengan menggunakan metode yang berbeda"

Cara Optimasi SEO part07

9. Maka akan tampil beberapa pilihan, pilih saja "Tag HTML" lalu Copy kode Meta Tag yang ditampilkan.

Cara Optimasi SEO part08



10. Selanjutnya, silahkan anda masuk ke akun blog anda.

11. Pada Dashbord blog anda, pilih Tema ==> klik edit HTML.

12. Selanjutnya, silahkan pastekan Script Meta Tags tadi tepat dibawah kode <head>

13. Klik "Simpan tema"

14. Terakhir kembali ke Webmaster Tools dan klik button "Verifikasi".


Sekarang blog anda kini sudah terdaftar pada search engine google, sebaiknya jangan hapus kode verifikasi tersebut sebagai bukti bahwa blog anda sudah terverifikasi di Search Engine Google.
Sekian Tutorial saya pada kali ini, jika anda mengalami kesulitan atau bingung dalam mempraktekkannya. Silahkan kirimkan komentar pada kolom komentar yang telah tersedia, atau anda juga dapat mengirimkan pesan langsung kepada saya melalui Halaman Kontak Kami.


Terima kasih telah berkunjung



Salam

logoblog

Thanks for reading Cara mendaftarkan Blog ke Search Engine Google/Google WebMaster

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

1. Silahkan komentar secara baik dan bijak
2. Dilarang membuat Spam pada blog ini
3. Harap Ceklis "Notify Me/Beritahu Saya" sebelum Komentar di Publish agar komentar bisa segera dibalas
4. Mohon maaf jika ada komentar yang belum sempat dijawab/dibalas


Thanks for Visitting



About | Contact Me | Disclaimer | Term Of Service |
Sitemap | Privacy Policy