Rainbow Pinwheel Pointer

Monday, September 25, 2017

Cara membuat Blog dengan Cepat dan Mudah disertai Tips menarik

  Blog inspiratiff       Monday, September 25, 2017

Cara membuat Blog dengan cepat dan mudah Edisi Terbaru 2017

 


Cara membuat Blog part01
Cara membuat blog dari ( Http://blog-inspiratiff.blogspot.com )
Jika kita mendengar kata tentang Blog, apa sih yang tersirat dibenak kita ? Cara mendapatkan uang dari Blog, atau untuk menjadi terkenal dan terlihat keren dimata teman-teman kita. Itu semua memang tidak salah, malah sangat betul. Karena itu semua memang tujuan utama bagi para Blogger di Indonesia, walaupun ada sebagian orang yang membuat blog sebagai sarana untuk berinspirasi dan bereksploitasi.

Tapi tenang, bagi para pemuda-pemudi atau bahkan siapapun yang ingin membuat blog, entah apapun tujuannya. Saya akan membantu para calon Blogger semua mengenai "Cara Membuat Blog dengan Cepat dan Mudah disertai Tips menarik" serta hingga sampai ketujuan asal para blogger dalam membuat Blog, yakni ingin menghasilkan uang dari blog yang dibuatnya.

Berikut ini Tips-tips dari saya agar blog kalian nantinya bisa menghasilkan uang, mari kita bahas satu persatu.

        1.  Buatlah Nama blog ( Site Title ) anda semenarik mungkin

Maksudnya adalah sebelum kita memikirkan bagaimana caranya mendapatkan uang dari Blog, hal pertama yang harus anda pikirkan adalah membuat nama blog anda berbeda dari yang lain namun dalam konteks yang sesuai dengan Tema dari Blog anda, usahakan nama Blog anda ini cukup satu kali dibuat, jangan pernah mencoba untuk mengganti nama Blog anda, apalagi jika blog yang anda kelola sudah cukup lama dan mempunyai banyak postingan artikel. Jadi usahakan anda memikirkan nama apa yang cocok untuk situs blog anda.

      2. Konten atau Postingan Yang Orisinil dan Berkualitas

Jika anda sudah menentukan nama apa yang cocok untuk anda jadikan nama situs blog anda, maka tips selanjutnya adalah membuat postingan atau konten yang orisinil, namun bukan hanya orisinil yah kawan, tapi juga berkualitas. Karena berdasarkan pengalaman saya, memang banyak orang yang membuat konten-konten mereka itu secara asli bukan hasil Copy an dari situs lain, tapi hal yang wajib anda perhatikan juga adalah isi dan cara penyampaian anda dalam membuat konten atau postingan anda. Usahakan anda memaparkan isi konten anda secara jelas, jangan terlalu banyak berbasa-basi, bahkan kalau bisa langsung pada topik pembahasan. Gunakan pula bahasa yang mudah dipahami oleh para pembaca, walaupun tidak harus menggunakan bahasa yang terlalu formal.

      3. Tampilan Situs yang Baik

Kebanyakan dari para blogger, terutama bagi yang masih pemula, tampilan situs tidak menjadi perhatian khusus bagi mereka, mereka hnya mementingkan membuat postingan,postingan dan postingan. Tapi menurut saya pribadi, tampilan dari suatu situs atau blog merupakan hal yang wajib menjadi sorotan atau perhatian khusus untuk para Blogger terutama bagi yang pemula (newbie), karena denga tampilan yang dapat memanjakan mata para pengunjungnya, mereka akan lebih betah dan bisa jadi dapat berlama-lama di situs atau blog yang anda buat, apalagi didukung dengan konten atau postingan yang berkualitas. Anda dapat juga menggunakan Template-template gratis yang telah dibuat para blogger atau web master lainnya, karena hal tersebut saya rasa cukupp baik untuk yang belum paham tentang pemprograman web, sama halnya seperti saya ini.

       4. Postingan Pertama yang sering dilupakan

Kebanyakan kasus dari para blogger yang membuat blog baru, mereka sering melupakan postingan pertama yang seharusnya mereka buat. Mereka malah justru sibuk mencari artikel di internet dan kemudian merekapitulasi konten atau pembahasan dari situs yang mereka kunjungi untuk dimuat pada situs mereka.

( Baca juga : Postingan pertama yang sering terlupakan )

Saya rasa 4 point diatas sudah cukup menginspirasi Anda untuk membuat blog, sekarang kita lanjutkan bagaimana caranya membuat blog, mari kita mulai :

Langkah Pertama  : Pastikan bahwa anda sudah memiliki akun Google yah. atau anda dapat membuatnya Disini 
Langkah kedua     : Jika anda sudah mempunyai akun Google anda ( saran saya, harap diingat yah username dan password nya ), setelah itu silahkan kalian daftar bloggernya disini https://www.blogger.com
Langkah ketiga     :Kemudian klik CREATE YOUR BLOG untuk membuat blog baru.


Cara membuat Blog part02
Tahapan Pembuatan Blog ( Part 1 )

Langkah ke-empat  :  Setelah tampil, tampilan berikutnya. Silahkan anda masukkan nama Email anda, kemudian klik button BERIKUTNYA, kemudian masukkan Password email anda, dan klik button BERIKUTNYA ( lihat gambar berikut ) .

Cara membuat Blog part03
Masukkan nama Email anda

Langkah kelima  : Setelah anda berhasil memasukkan nama email dan password anda, maka selanjutnya klik button "Lanjutkan ke Blogger" atau anda ingin mengubah setingan bahasa pada blog anda, silahkan setting bahasa pada pojok kanan atas tampilan berikut ini.


Cara membuat Blog part04
Tahapan pembuatan Blog ( part1 )


Langkah ke-enam  :  Kemudian pada tampilan berikutnya. Silahkan anda  klik button Buat Blog Baru ( Simak gambar berikut )

Cara membuat Blog part05
Tahapan pembuatan Blog ( Part2 )


Langkah ketujuh   :  Pada tampilan selanjutnya, silahkan anda tuliskan nama Judul dan Alamat blog yang anda inginkan, kemudian tentukan Tema yang anda inginkan. Setelah itu klik button BUAT BLOG. ( perhatikan gambar dibawah ini )


Cara membuat Blog part06
Tahapan pembuatan Blog ( Part3 )


Langkah ke-delapan  : Selamat Anda telah berhasil membuat blog baru, berikut ini adalah tampilan menu utama pada blog yang telah anda buat.


Cara membuat Blog part07
Tahapan pembuatan Blog ( Part4 )
Keterangan  :
  • Postingan        =  adalah menu untuk membuat Postingan baru atau konten baru.
  • Statistik        = adalah menu untuk melihat statistik penayangan blog anda, berapa banyak orang yang telah melihat konten atau postingan yang telah anda buat.
  • Komentar        =  adalah menu dari tampilan komentar yang masuk pada blog anda.
  • Kampanye       =  adalah menu untuk membuat broadcast atau memperbanyak pengunjung di blog anda.
  • Laman              = adalah menu yang serupa dengan Postingan, namun biasanya laman ini digunakan untuk membuat postingan yang terhubung pada menu navigasi blog anda ( seperti menu : About, disclaimer, Privacy policy dan lain-lain )
  • Tata Letak        =  adalah menu yang digunakan untuk membuat widget pada Sidebar blog anda ( ada Sidebar kiri, kanan, dan Footer, serta masih ada lagi yang lainnya )
  • Tema              =  adalah menu yang digunakan untuk mengedit tampilan Tema atau Template blog anda.
  • Setelan            = adalah menu yang digunakan untuk mengedit profil dari blog anda ( baik judul, deskripsi, atau terkait profil dari penulis blog yang telah anda buat ).

LALU, BAGAIMANA CARANYA SAYA MEMBUAT POSTINGAN PERTAMA SAYA ?

 

Langkah pertama   :  Silahkan anda klik menu Postingan dan pilih Entri Baru

Langkah kedua    : Pada tampilan berikut ini silahkan anda buat pada kolom atau area postingan baru anda ( lihat gambar panduannya dibawah ini ).


Cara membuat Blog part08
Tahapan pembuatan Blog ( Part5 )
Pengaturan  :
  • Pada mode HTML dan Compose ( pilh HTML jika anda akan mengetik dalam bentuk Script kode HTML langsung, atau pilih Compose jika anda akan mengetik dalam bentuk teks biasa, teks yang sesuai dengan tampilan pada postingan blog anda nantinya ).
  • Area Postingan  adalah Area atau tempat dimana anda akan mengetik dan membuat artikel atau postingan baru.
  • Menu yang berada di sebelah kanan ( Label, Jadwal, Lokasi dan Pilhan merupakan menu yang dapat anda atur pada postingan blog anda.
  • Klik button Publikasikan jika anda sudah selesai membuat postingan baru, tapi jangan lupa untuk memberikan judul pada postingan Anda.

Lalu bagaimana caranya saya merubah Template atau Tema Blog saya ?

 

Caranya : Klik menu Tema atau Template, klik edit Tema ( jika anda akan merubah atau mengedit Tema secara manual, mode ini diperuntukkan bagi seseorang yang mengerti tentang kode Script HTML ) atau klik button Backup/Pulihkan ( jika anda akan menggunakan Tema atau Template yang telah anda unduh sebelumnya ), simak gambar berikut ini

Cara membuat Blog part09
Tahapan pembuatan Blog ( Part6 )


Langkah berikutnya  : Jika anda memilih atau mengklik button Backup/Pulihkan, maka tampilan berikut ini yang akan anda jumpai.


Cara membuat Blog part10
Tahapan pembuatan Blog ( Part7 )



Pengaturan   :

  • Button Download Tema   digunakan untuk mendownload Tema baru ( Tidak Recommended )
  • Button Browse ( digunakan untuk mengupload atau mengambil file template yang telah anda download sebelumnya ), silahkan klik button Browse tersebut untuk mengupload Template yang telah anda Download.
  • Button Upload  ( setelah anda berhasil menupload Template dari storage atau penyimpanan di komputer anda ) silahkan klik Button Upload, untuk merubah Template blog anda sebelumnya, dengan Template dari hasil downloadan anda.

Sekian Tutorial saya pada kali ini, apabila anda mempunyai pertanyaaan seputar blogging atau web, silahkan tanyakan atau posting komentar anda pada kolom komentar yang telah tersedia, atau dapat juga mingirimkan pesan langsung melalui Halaman Kontak Kami


Terima kasih telah berkunjung 




Salam


logoblog

Thanks for reading Cara membuat Blog dengan Cepat dan Mudah disertai Tips menarik

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

1. Silahkan komentar secara baik dan bijak
2. Dilarang membuat Spam pada blog ini
3. Harap Ceklis "Notify Me/Beritahu Saya" sebelum Komentar di Publish agar komentar bisa segera dibalas
4. Mohon maaf jika ada komentar yang belum sempat dijawab/dibalas


Thanks for Visitting



About | Contact Me | Disclaimer | Term Of Service |
Sitemap | Privacy Policy